Hery Eko Yulianto, S.Pd
Di dalam pendidikan, guru adalah pendidik yang merupakan pemeran utama dalam berjalannya interaksi antara peserta didik dengan konten pembelajaran yang akan diberikan, diharapkan para peserta didik dapat memahami pembelajaran dengan nyaman, menyenangkan mudah hingga akhirnya tujuan pembelajaran bisa tercapai Hanya saja tidak serta merta harapan itu bisa terwujud dengan mudah ada beberapa factor yang menjadi kendala diantaranya:
Model pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang inovatif masih menggunakan cara konvensional, kurang dalam penerapan model dan metode pembelajaran, dan kurang memanfaatkan TPACK dalam kegiatan pembelajaran. Media pembelajaran yang digunakan oleh guru belum sesuai dengan karakteteristik siswa menyebabkan motivasi belajar peseta didik menurun
Langkah-langkah yang dilakukan untuk menghadapi kendala tersebut adalah :
Guru harus menciptakan pembelajaran yang menarik minat pesertadidik agar dapat meningkatkan hasil belajar dengan merancang pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inovatif dan menggunakan media pembelajaran yang menarik sesuai dengan materi pelajaran. Guru menggunakan media pembelajaran berbasis TPACK salah satunya melalui penampilan Powerpoint dengan menampilkan video didalamnya sehingga peserta didik dapat termotivasi dan bias berfikir secara kritis. Guru Menggunakan model pembelajaran contohnya Projek Based Learning (PJBL) dalam pembelajaran dengan menggunakan aplikasi canva contohnya dalam pembuatan projek sehingga Peserta didik akan termotivasi dan aktif dan bersemangat dalam menghasilkan produk saat bekerja secara berkelompok
Langkah-langkah yang dilakukan dirasa hasilnya efektif dan dapat dilihat dari:
Pemilihan model pembelajaran PJBL membutuhkan siswa berfikir kritis dalam menyelesaikan masalah yang diberikan oleh guru dalam proses menghasilkan produk yang bagus. Pemilihan metode pembelajaran yang bervariatif sangat efektif untuk meningkatkan
keaktifan peserta didik dilihat dalam proses pembelajaran yang dilakukan oleh peserta didik. Penggunaan Aplikasi Canva sangat membantu dan menarik perhatian peserta didik dan bersemangat dalam pembuatan projek
Model pembelajaran PJBL efektif dilaksanakan menggunakan Media PPT bervideo berpengaruh terhadap minat peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. Dengan penggunaaan aplikasi Canva Peserta didik menjadi lebih aktif dalam pembelajaran karena media yang digunakan menyenangkan dan dekat dengan era digital Peserta didik tidak jenuh dalam mengikuti pembelajaran
Pembelajaran dari proses ini adalah guru harus berperan aktif dan inovatif dalam menggunakan metode pembelajaran, menyediakan media, alat dan bahan yang beragam sehingga menumbuhkan minat dan motivasi peserta didik dalm pembelajaran. Dengan kolaborasi yang baik dan seimbang antara pihak sekolah dan orang tua dalam pelaksanaan kegiatan belajar, tentunya kemampuan, keterampilan dan perkembangan peserta didik akan menjadi lebih baik.
Seorang guru dituntut untuk selalu melakukan inovasi dan meningkatkan kreativitas dalam pembelajaran dengan memperhatikan karakteristik siswa. Maka daripada itu pentingnya kerjasama,pemahaman guru dalam pemanfaatan teknologi sehingga proses pembelajaran di kelas semakin variatif dan interaktif, dan pemahaman guru dalam menerapkan pembelajaran inovatif sehingga pembelajaran dapat terlaksana dengan baik guna memenuhi tujuan pendidikan abad ke-21.